Cara Atur Pola Makan Untuk Diet Sehat

11/01/2017

Siapa sih yang tidak menginginkan tubuh yang langsing? jawabannya tentu tidak ada. semua orang khususnya wanita tentu ingin memiliki tubuh yang ideal. Selain dapat menunjang penampilan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. semua yang berlebih tentunya tidak baik, begitu pula lemak yang berlebih pada tubuh, tentu sangat berdampak buruk bagi kesehatan.

Banyak orang yang beranggapan mengomsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sudah cukup bagi kesehatan. semua itu memang benar, tapi alangkah bainya lagi kalau pola makan sehat  juga diperhatikan, agar makanan yang di komsumsi benar-benar merupakan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, bagi anda yang ingin menjalankan pola makanan untuk diet sehat, berikut ulasannya.

Konsumsi Gandum

Bagi anda yang ingin menjalankan program diet sehat, mengkonsumsi gandum boleh jadi pilihan tepat untuk menjalankan program diet sehat anda. Bahan makanan yang memiliki bahan dasar gandum sudah banyak dijual dipasaran, dan sangat mudah didapatkan, seperti roti gandum, pasta, dan sereal. Selain mudah didapat, gandum juga enak dikonsumsi. Pokoknya cocok deh untuk lidah orang Indonesia. Zat yang terkandung dalam gandum seperti karbohidrat kompleks sangat bergizi dan menyehatkan.

Konsumsi Protein

Konsumsi protein sangatlah penting untuk membentuk pola diet sehat. Namun harus diperhatikan untuk memilih jenis protein yang akan dikonsumsi, karena ada banyak sumber protein yang mengandung lemak jenuh dan tentu saja bisa memicu tubuh menjadi gemuk.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi ayam tanpa kulit yang bisa dipadukan dengan salad sayur. Selain itu, beberapa potongan daging yang rendah lemak bisa juga dijadikan solusi. Namun hindari untuk mengkonsumsi daging olahan seperti sosis atau hamburger karena mengandung banyak lemak jahat.

Konsumsi Sayur dan Buah

Sebuah diet yang sehat bisa dibangun dengan menjadikan sayur dan buah segar sebagai pilihan utama. Sayur dan buah merupakan penyumbang vitamin, mineral, dan serat dalam jumlah yang banyak. Selain itu, sayur dan buah juga terbebas dari garam, gula, dan lemak yang tidak sehat bagi tubuh.

Sayuran berdaun hijau bisa diolah menjadi salad atau dijadikan pengganti lauk pauk. Sementara buah-buahan bisa dijadikan cemilan sehat atau sebagai topping makanan. Anda juga bisa menjadikan sayur dan buah sebagai jus dengan catatan tidak menambahkan gula.

Kontrol Kandungan Lemak Makanan

Untuk membangun pola makan diet yang tepat, sebaiknya perhatikan kadar dan jenis lemak yang terkandung pada makanan yang akan dikonsumsi. Makanan olahan atau yang berbentuk kemasan mengandung banyak lemak jahat dan lemak trans, sekalipun makanan tersebut ditujukan untuk diet.

Kandungan lemak tak jenuh bisa diperoleh dari ikan, kacang-kacangan, bunga matahari, atau minyak zaitun. Makanan jenis seperti ini mengandung nutrisi yang berperan untuk melawan dan mengurangi lemak tak sehat yang ada pada tubuh.

Konsumsilah cemilan dengan bahan dasar kacang atau sayuran yang diiris, bukan camilan berbentuk keripik karena mengandung lemak yang tinggi. Selain itu, kebiasaan memasak dengan menggunakan mentega atau margarin bisa diganti dengan menggunakan minyak zaitun.

Bagikan?

Tidak ada Komentar

Komentar ditutup.