Mengenal Sistem Operasi Android 7.0 Nougat

26/01/2017

Android 7.0 Nougat merupakan upgrade terbaru dari sistem operasi android. Perkembangan pada sistem android memang selalu muncul setiap tahunnya. Sama dengan perkembangan dari sistem iOs Apple yang juga selalu muncul. Dulu ketika pertama kali dibuat, sistem android ini memiliki perbedaan yang mencolok dengan iOs. Salah satunya adalah dalam prinsip keterbukaannya. Apple lebih memilih iOs untuk digunakan secara eksklusif oleh iPhone, sementara Google membuat android menjadi terbuka untuk semua vendor yang ingin bekerja sama. Hal inilah yang membuat android menjadi sangat populer saat ini. Android 7.0 Nougat merupakan generasi ke tujuh dari sistem operasi android. Bagi anda yang penasaran ingin lebih mengetahui tentang sistem operasi yang satu ini, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Perjalanan Sistem Android dari Masa ke Masa

Sebelum membicarakan sistem Android 7.0 Nougat, mari kita membicarakan para pendahulunya. Sistem operasi android yang pertama kali muncul adalah Android 1.0 yang masih sangat sederhana pada tahun 2008. Disinilah pertama kalinya Google memperkenalkan mekanisme pengecekan notifikasi dengan pull-down notification. Lalu pada tahun 2009 dikembangkan sistem operasi Android 1.5 Cupcake. Inilah debut versi android dengan menggunakan nama makanan yang manis. Tradisi ini lantas dipertahankan hingga sekarang. Dalam sistem operasi ini, android memperkenalkan SDK widget untuk developer pihak ketiga. Gunanya agar aplikasi pihak ketiga bisa memiliki widget sendiri layaknya aplikasi bawaan Google. Di tahun yang sama, Google kembali memperkenalkan sistem android 1.6 Donut dan 2.0 Eclair.

Kemudian berlanjut ke sistem operasi android 2.2 Froyo, 2.3 Gingerbread, 3.0 Honeycomb, 4.0 Ice Cream Sandwich, 4.4 Kitkat, 6.0 Lollipop, 6.0 Marshmallow, dan terakhir 7.0 Nougat. Versi ini adalah versi terbaru dan termutakhir. Telah dikenalkan pada ajang kumpul developer Google pada pertengahan tahun ini. Pembaruan paling mendasar pada versi ini adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital tersebut bisa lebih diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi. Fitur lainnya mencakup layar split screen saat dipakai multitasking serta fitur Doze yang dikenalkan di versi android Marshmallow namun telah ditingkatka. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google. Para penikmat teknologi pasti langsung tidak sabar ingin mencoba sistem operasi android terbaru ini. Jika anda penasaran, sekarang sudah ada beberapa perangkat smartphone terbaru yang kabarnya akan menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Bagikan?

Tidak ada Komentar

Komentar ditutup.