Tips Memandikan Bayi Yang Benar Untuk Ibu Pemula

08/01/2017

Memandikan bayi adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh orang tua terutama sang ibu.Untuk memnadikan bayi sebaiknya pilihlah waktu saat anda tidak terburu-buru dan tidak terganggu oleh hal-hal lain. Hindari memandikan bayi pada saat setelah bayi menyusu atau makan, lebih baik menunggu sebentar agar perutnya dapat menyesuaikan asupan yang baru saja masuk.

Memandikan bayi bukan hanya untuk membersihkan badan saja, tetapi harus dengan hati-hati agar tidak melukai atau membuat bayi merasa tidak nyaman karena kondisi bayi masih sangat lemah. Selain memandikan bayi  ada juga hal penting yang harus dilakukan yaitu perawatan bayi tersebut. Adapun berikut ini beberapa cara memandikan bayi untuk dapat dilakukan oleh para orang tua :

  1. Siapkanlah keperluan mandi bayi. Isi bak mandi bayi dengan air hangat antara 36-37 C, kemudian periksalah suhunya dengan menggunakan siku tangan apakah suhu air sudah pas atau tidak.
  2. Bukalah pakaian bayi, lalu bungkus bayi dengan handuk di pangkuan anda, setelah itu usap matanya dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air dingin, lalu bersihkan wajah dan mulut bayi.
  3. Basuh kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung dan tungkainya serta perhatikan daerah lipatan lipatan. Sebaiknya gunakan spons yang lembut untuk membersihkan kulit bayi. Hindari penggunaan spons yang kasar, karena dapat membuat kulit bayi menjadi lecet, karena kulit bayi sangatlah sensitive.
  4. Beri sedikit sabun, pada badan bayi menggunakan washlap atau spons lembut, pilihlah sabun bayi dengan formal ph balance agar tidak pedih di mata, dan yang sudah terpercaya serta memiliki kandungan bahan yang ringan dan sangat aman untuk kulit bayi, bahkan untuk bayi baru lahir.
  5. Keramasi rambut bayi, pengang kepalanya di atas bak mandi, lepaskan anduk, letakkan pada satu tangan di bawah pundaknya sementara tangan lainya di letakkan di pantat. Usapkan dan gosok secara perlahan kepala bayi menggunakan shampo, jangan menggosok atau menekan kepala bayi terlalu keras karena dapat membuat kulit kepala bayi menjadi lecet. Jika bayi anda memiliki rambut yang lebat, sebaiknya gunakan shampoo berbahan lembut.
  6. Masukkan bayi perlahan kedalam bak mandi, pegang leher dan pundaknya sabuni dan bilas dengan menggunakan air hangat. Jika sudah selesai dibilas, segera keringkan dengan menggunakan handuk, karena jika terlambat mengeringkan takutnya si bayi bisa terserang penyakit flu atau demam.

Ada beberapa hal dalam cara memandikan bayi yang penting untuk diperhatikan, yaitu perhatikanlah bagian-bagian tertentu yang sulit dijangkau atau pada daerah sensitif bayi misalnya membersihkan disekitar lipatan-lipatan seperti leher, tangan, ketiak, siku, selangkangan, dan kaki. Karena pada bagian-bagian tersebut sangat rentan akan timbulnya ruam serta biang keringat.

Pemilihan produk-produk perawatan kulit bayi juga harus benar-benar diperhatikan. Sebab kulit bayi sangatlah sensitive, jadi tidak boleh sembarangan memilih produk untuk perawatan kulit bayi anda. Gunakan produk yang berbahan ringan namun dapat membuat kulit bayi menjadi sehat dan segar, yang terpenting dapat membuat bayi merasa nyaman.

Bagikan?

Tidak ada Komentar

Komentar ditutup.