Tips Memilih Bahan Material Bangunan Untuk Rumah Anda

20/04/2017

Membangun atau merenovasi rumah adalah momen yang spesial bagi setiap orang. Itulah mengapa, merencanakan konsep bangunan adalah sebuah keharusan. Bagi Anda yang tidak punya cukup waktu dan keterbatasan ilmu, memilih jasa tukang bangunan adalah salah satu solusi untuk membantu merencanakannya. Bukan hanya  perencanaan desain bangunannya saja, memilih bahan material bangunan yang tepat dan berkualitas tentunya juga perlu dilakukan. Karena bagaimanapun, sebagus-bagusnya desain rumah yang Anda bangun tanpa memperhatikan kualitas materialnya, justru bisa jadi bumerang bagi Anda.

Banyak orang yang menjadikan harga sebagai tolok ukur kualitas bahan material. Anggapan tersebut bisa jadi benar, dan bisa jadi tidak. Tidak semua bahan bangunan yang memiliki harga mahal, akan menghasilkan kualitas terbaik. Untuk itu, sebelum membangun rumah, pemilik atau pembuat rumah perlu tau apa saja tips memilih bahan bangunan dalam membangun rumah.

  1. Semen

Salah satu jenis material bangunan ini, memiliki fungsi sebagai bahan perekat. Penggunaannya adalah dengan cara mencampurkannya dengan pasir, batu, dan air. Lalu, bagaimana cara memilih semen yang berkualitas terbaik bagi bangunan rumah Anda?

Sebelumnya, Anda harus bisa membedakan jenis semen sesuai fungsinya. Pertama, semen biasa digunakan sebagai bahan material perekat untuk membuat pondasi bangunan agar semakin kuat. Sedangkan kedua, semen bisa juga digunakan sebagai bahan material bangunan yang berfungsi untuk membuat dinding plesteran dan acian. Kedua jenis semen tersebut harus bisa Anda bedakan sebelum memilih semen sesuai dengan kebutuhan bangunan rumah Anda.

  1. Pasir

Masih berkaitan dengan poin nomor satu, pasir juga termasuk ke dalam jenis material bangunan yang wajib untuk Anda miliki. Sebagai bahan pokok pembuatan rumah, memilih pasir yang baik dan berkualitas adalah keharusan. Lalu, bagaimana cara mudah untuk mengidentifikasi pasir yang baik untuk digunakan?

Tiga cara berikut ini cukup mudah dan bisa Anda praktekkan sendiri sebelum membelinya di toko bangunan. Pertama, ambil pasir kemudian digenggam, butiran pasir yang baik akan terasa tajam pada permukaan telapak tangan. Kedua, sewaktu Anda mengepal pasir tersebut, pastikan tidak ada lumpur yang tertinggal. Ketiga, pastikan pasir yang Anda ambil tersebut tidak dalam keadaan menggumpal saat Anda mengepalnya.

  1. Bata merah atau batako

Kehadiran dua bahan material ini juga tidak kalah penting dalam membangun rumah. Tetapi hendaknya, pilihlah bata merah ketimbang batako. Meskipun harganya lebih mahal, bata merah mempunyai kekuatan yang lebih baik daripada batako. Hal tersebut dikarenakan dimensi dan rongga bata merah lebih sempit dibandingkan batako. Sebaiknya, gunakan bata merah yang berukuran sedang, memiliki kekuatan keras, tidak mudah pecah, dan memiliki ukuran yang seragam.

  1. Genteng

Pilihlah atap rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sampai saat ini, atap rumah dengan genteng yang terbuat dari tanah liat dan beton masih menjadi pilihan favorit. Selain akan terasa lebih nyaman dan dingin untuk suasana rumah, pemakaian genteng dari beton atau tanah liat juga bisa mempercantik desain rumah. Kekurangannya, memilih genteng dari jenis ini membutuhkan pondasi yang kuat untuk menahan tiap-tiap letak dari genteng ini, terutama untuk bangunan rumah yang pastinya banyak sekat-sekat tertentu pada setiap celahnya.

Bagikan?

Tidak ada Komentar

Komentar ditutup.